Kalahkan Unpad, Putra UPH Puncaki Klasemen Pul A Sementara

Tim basket putra Universitas Pelita Harapan (UPH) raih kemenangan perdana usai kalahkan tim Universitas Padjadjaran (Unpad), 80-41 pada laga perdana Pul A LIMA Basketball Nationals yang dihelat GOR C-tra Arena, Bandung, Sabtu (13/02/2016).

DSC03165

Usai jump ball dilakukan, tim UPH yang merupakan juara bertahan LIMA Basketball musim lalu ini langsung tampilkan permainan apiknya. Dribble cepat, operan akurat serta tembakan jitu mampu disajikan anak asuh Coach Stephen Metcalfe di kuarter awal ini. Alhasil, Christian Gunawan dkk. langsung unggul 19 poin, 31-12 di kuarter ini.

Memasuki kuarter kedua, permainan UPH semakin menggila. Lesatan poin demi poin yang dihasilkan Christan dkk. berhasil menjauhkan jarak keunggulan atas Unpad.

DSC03123

Sementara itu, permainan Unpad yang mengandalkan kecepatan Aulia dan Endoh tak bisa berbuat banyak di kuarter ini. Akhirnya, kuarter ini Unpad hanya diberi tambahan lima poin, sementara UPH terus melesat dengan tambahan 16 poin, 47-17.

Unggul dengan jarak poin yang cukup jauh tak membuat tim berjuluk Eagles ini puas diri. Buktinya di kuarter ketiga ini, para pemain UPH terus melancarkan serangan ke jantung pertahanan lawan. Tak hanya itu, ketika bertahan anak asuh Coach Met ini juga sering kali membuat peluang Unpad kandas melalui defensive rebound yang dilakukan Rivaldo dkk. Pada kuarter ini pula, poin cantik UPH mampu dihasilkan Stephen Oi lewat aksi back slam. Hingga akhinya, Eagles mampu menutup kuarter ini dengan keunggulan 66-29.

Penampilan Eagles di kuarter keempat semakin berada di atas angin. Keadaan tersebut langsung dimanfaatkan Coach Met dengan merotasi para pemain pilarnya. Tak jauh berbeda dengan skuat utama, kualitas para pemain kedua UPH ini juga mampu merepotakan pertahanan Unpad. Hasilnya pasukan Eagles ini pun sukses mengakhiri laga perdana mereka dengan raihan poin sempurna, 80-41.

Pada laga ini, pemain UPH, Stephen Oi (9) menjadi top performer lewat catatan 16 points, enam rebounds dan empat assists serta satu back slam. Tak hanya Stephen, rekan setimnya, Yefanus (24) juga berhasil tampilkan permainan bagusnya dengan torehan 12 points, empat rebounds dan satu assist.

“Kami memang menang dalam laga ini, tapi saya menilai tim Unpad juga bermain dengan baik. Mereka terus melakukan tekanan meski dalam posisi tertinggal cukup jauh. Melawan UB di pertandingan nanti, kami hanya ingin bermain sebaik mungkin,”ujar Stpehen Oi, pemain yang mencetak poin dengan aksi back slam pada pertandingan tadi.

Sementara itu, kekalahan Unpad atas UPH ditanggapi Coach Bayu karena materi pemain timnya yang belum siap menghadapi UPH.

“Saya akui UPH mempunyai materi pemain yang lengkap, dan saya menilai jika faktor kekalahan kami mutlak karena kondisi dari para pemain yang belum siap menghadapi tim sekelas UPH,”ujar Coach Bayu.

“Menghadapi UB di pertandingan besok, saya hanya instruksikan kepada para pemain untuk tetap konsentrasi,” tambahnya.

Pertandingan LIMA Basketball Nationals Pul A selanjuntya, tim Unpad akan berhadapan dengan Universitas Brawijaya (UB) yang merupakan runner-up dari East Java Conference, Minggu (15/02/2016). Setelah itu giliran UPH yang melakoni laga kontra UB, Selasa (16/02/2016). Kedua pertandingan tersebut akan kembali dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s