Dikalahkan UA, Putri UNS Gagal Raih Kemenangan Keduanya

Tim basket putri Universitas Airlangga (UA) torehkan kemenangan perdananya usai kalahakan Universitas Sebelas Maret (UNS), 67-42 pada laga lanjutan Pul Y LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Minggu (14/02/2016).

DSC03502

Melakoni laga keduanya, UNS yang mengenakan kostum kuning-kuning pada laga ini langsung menurunkan kapten Paulin Clara (35), Annisa Wulandari (14), Stefhalentina (13), Citra (7) dan Nabila (8) di awal laga, sementara starting five UA dihuni oleh kapten Yuliana (19), Valentina (17), Nilam (16), Annisa Widyarni (6) dan Ulymasari (4).

Usai berhasil memetik kemenangan atas STMIK Time di laga perdananya, anak asuh coach Yullius ini langsung tampil agresif sejak jump ball dilakukan. Namun, UA yang baru menjalankan laga perdananya di pertandingan hari ini juga tidak kalah agresif. Laga baru berjalan 15 detik, pemain UA, Nilam Rifai mampu membuka keunggulan lewat lesatan dua angka. Keunggulan UA sempat bertahan hingga dua menit sebelum Annisa Wulandari menyamakan kedudukan. Hingga akhirnya, skor sama kuat masih tetap bertahan hingga paruh kuarter awal ini.

Lima menit selanjutnya, Permainan apik yang ditampilkan kapten UNS, Paulin Clara (35) berhasil membuat anak asuh Coach Aries ini tertinggal. Pada kuarter awal ini Paulin mampu membawa UNS Unggul lewat torahan empat points, tiga rebounds dan dua assists, 11-9.

Memasuki kuarter kedua, tim UA yang dimotori oleh Annisa Widyarni (6), pemain yang mampu meraih gelar MVP di fase koferensi Jawa Timur ini terlihat terus mencoba mengejar ketertinggalan poin atas UNS. Hasilnya, di paruh kuarter kedua ini usaha yang mereka lakukan mampu menyusul perolehan poin UNS, 15-16.

Melihat kondisi timnya yang tidak stabil, Coach Yullius langsung mengambil kesempatan time-out. Instruksi yang diberikan Coach Yullius terhadap para pemainnya nampaknya berdampak mulus. Memanfaatkan kelengahan para pemain UA, Paulin dkk akhinya mampu membalikan kedudukan di kuarter pengujung kuarter kedua ini, 26-21.

Tipisnya selisisih poin kedua tim membuat pertandingan antara jawara konferensi ini semakin panas, terlebih posisi UA yang tertinggal terlihat terus mencoba memakasimalkan peluang demi peluang yang mereka dapatakan hingga akhirnya mampu mengimbangi perolehan poin UA. Keunggulan UA di kuarter ini bermula dari tembakan tiga angka yang dilesatan Annisa Widyarni (6). 24 poin tambahan bagi UA, sementara UNS hanya menciptkan 10 poin. Skor 36-45 bagi keunggulan UA masih tetap bertahan hingga kaurter ini berakhir.

Memasuki kuarter terakhir, UNS yang mengincar kemenangan keduanya pada lagai ini terus berupaya mengejar ketertinggalan. Namun sayang, buruknya penyelesaian akhir Paulin dkk. hanya membuat tim asal Kota Solo ini menciptakan enam poin. Semetara itu, penampilan UA yang terus meningkat membuat perolehan poin mereka terus mengalir hingga dipengujung laga ini. Alhasil, pada laga ini UA mampu meraih kemenangan perdanan mereka atas UNS dengan skor akhir 67-42.

Meski mengalami kekelahan pada laga ini, namun kapten UNS, Paulin Calara (35) mampu bermain apik dengan mencatatkan 17 points, 10 rebounds dan enam assists. Sementara dari tim UA, Yulianna dan Valentina juga tampil bagus dengan masing-masing mencetak 14 points.

“Saya menilai kendurnya kami dikuarter awal ini dikarenakan faktor materi pemain kami yang hampir setengahnya pemain baru, jadi mereka sempat gugup. Setelah itu, mereka bermain dengan baik hingga akhirnya kami memenangkan lagi penting ini,”ujar Coach Aries, pelatih UA.

Sementara itu, kekalahan perdana yang dialami UNS dipertandingan keduanya ini ditanggapi oleh Paulin karena faktor fisik dan kurang konsetrasi dalam menjalani pertandingan tadi.

“Kami sempat unggul hingga kuarter kedua, tapi saya merasa faktor kelelahan yang membuat kami bermain tidak maksimal dan mampu dimanfaatkan para pemain UA,” kata pemain yang mampu mencetak 17 poin pada laga ini.

Pertandingan Pul X LIMA Basketball Nationasl selanjutnya, tim UA akan berhadapan dengan STIE Kesatuan, Senin (15/02/2016). Keesokan harinya, STIE Kesatuan akan mengahadapi UNS. Kedua pertandingan tersebut akan kembali dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s