Kalahkan Unhas, Putri Ubaya Raih Kemenangan Perdana

Tim basket putri Universitas Surabaya (Ubaya) raih kemenangan perdana usai kalahkan Universitas Hasanuddin (Unhas), 60-94 pada laga pembuka LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-tra Arena, Bandung, Sabtu (13/02/2016).

DSC02075

Pada laga awal ini, pelatih Ubaya, Coach Wahyu langsug mempercayai kapten Dewi Sartika (13), Laily Setya (8), Cindy Eka (3), Jovita Elizabeth (23) dan Florencia Rosalia (25) turun di awal laga. Sementara starting five Unhas  diperkuat oleh Kapten Shevirra (8), Siti Hardiyanti (11), Inceng Pratiwi (13), Firah (14) dan Daniyah (65).

Berstatus sebagai runner-up LIMA Basketball East Java Conference, tim Ubaya yang megenakan kostum merah-merah langsung tampil agresif sejak tip off dilakukan. Namun, usaha para pemain Ubaya di menit awal untuk menciptakan poin terlihat mengalami kesulitan menghadapi para pemian Unhas yang mempunyai kecepatan lebih.

DSC02172

Poin perdana pada laga ini justru diciptakan oleh tim Unhas terlebih dahulu lewat tembakan tiga angka Firah Astari. Aksi dari Firah Astari menyulut permainan tim Ubaya. Hasilnya, selang beberapa detik kemudian, Cindy mampu meyamakan kedudukan lewat tembakan tiga poinnya.

Skor sama kuat membuat pertandingan berjalan sengit. Namun, di paruh kuarter pertama ini tim Ubaya mulai terlihat menemui ritme pertandingan. Memanfaatkan postur tubuh yang rata-rata lebih tinggi dari para pemain Unhas, anak asuh Coach Wahyu ini terlihat lebih sering menciptakan poin lewat under basket pada kuarter awal ini. hasilnya, di kuarter awal ini Ubaya mampu mengungguli Unhas dengan skor 15-24.

Memasuki kuarter kedua, para pemain Unhas terlihat mulai mengalami kesulitan menghadapi perlawanan tim Ubaya. Pergerakan Shevira Zalsabilla yang dikuarter awal tampil dominan dengan mencetak tujuh poin terlihat tak berdaya di kuarter kedua ini. sementara itu, para pemain Ubaya yang terlihat mulai bermain nyaman mampu menampilkan konsitensinya dengan mencetak 24 poin lagi di kuarter ini, 23-48.

Usai turun minum, Permaianan Ubaya tampil semakin percaya diri. Penampilan Cindy, Jovita dan Jofianita yang berhasil mengkoleksi sembilan poin, kembali bermain cemerlang di kuarter ketiga ini. Namun, permainan Ubaya cenderung santai pada kuarter ini. Hasilnya, Unhas mampu menambah 20 poin pada kuarter ini, 43-71.

Memanfaatkan keunggulan yang cukup jauh, para pemain Ubaya terlihat bermain dengan sangat percaya diri kuarter terakhir ini. Sementara tim Unhas yang hanya memanfaarkan penampilan Siti kembali tak mampu berbuat apa-apa dikuarter akhir ini. Hingga akhinya Ubaya pun mengunci kemenanga pada laga ini dengan skor 60-94.

Pada laga ini, pemain Ubaya, Jovita Elizabeth(23) tampil sebagai top performer dengan torehan 16 points, 10 rebounds dan dua assists. Sementar dari tim Unhas, sang peraih MVP Sulawesi Conference, Siti Hardityanti juga tampil mengesankan dengan catatan 25 points, 15 Rebounds dan lima assists.

“Meski kami menang pada laga ini tetapi saya belum merasa puas dengan permaianan anak-anak terutama dari segi defense yang masih belum berjalan dengan baik,” ujar Coach Wahyu Sapto.

Sementara itu, kekalahan perdana Unhas ditanggapi Coach Mucthar Karena kurang siapnya para pemain di lini kedua.

“Awal kuarter pertama saya melihat para pemain mampu tampil baik dengan mengimbangi permainan Ubaya. Namun, di kuarter kedua tidak siapnya para pemain kedua membuat permainan kami tidak mampu berkembang,” ujarnya.

Pada pertandingan selanjutnya, putri Ubaya akan berhadapan dengan Universitas Diponegoro (Undip) sementara Unhas akan berhadapan dengan Universitas Katolik Parahyanagan (Unpar). Kedua pertandingan Putri Pul X LIMA Basketball Nationals tersebut akan kembali dihelat di GOR C-tra Arena, Bandung, pada Minggu (14/02/2016).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s