Putra Unpar Belum Terkalahkan Hingga Laga Keduanya

Tim Basket putra Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Kembali raih hasil positif pada laga lanjutan Pul B LIMA Basketball Blibli.com West Java Conference kontra tim Institut Teknologi Bandung (ITB). Bermain di GOR Trinitas, Bandung (21/1), tim berjuluk Alligators tersebut berhasil menutup laga dengan kemenangan 73-37.

DSC06092

Pada laga sebelumnya, Unpar berhasil memetik poin sempurna usai mengalahkan Poltekpos di laha perdananya dengan skor telak 99-32. Sementara tim ITB yang telah melakoni dua laga sebelumnya kontra Poltekpos dan Unpad belum meraih kemenangan sekali pun.

Saat kuarter pertama dimulai, persoalan terbesar utama tim ITB langsung terlihat jelas: kurang komunikasi antarpersonel dan permutasi bola dan individu yang tidak mulus. Unpar seolah mencium masalah itu dan langsung menekan dengan sangat agresif. Ibrahim Samuel dan Tanurachman Christopher menemani Nugraha S. Amadeus meneror jaring Pasukan Ganesha. Gempuran agresif tim universitas yang pada saat berdiri merupakan sebuah akademi perniagaan ini membuat ITB menderita sampai Pasukan Ganesha hanya mampu membuat tiga angka, lewat sebuah tembakan tiga angka pada detik-detik terakhir kuarter. Skor 21-3.

Di perempat kedua, buaya-buaya Parahyangan menggila. Sambil melindungi jaring sekokoh benteng dan menyergap serangan ITB dengan agresif, mereka berkali-kali mem bocorkan jaring ITB. Christopher dan Amadeus kerap melubangi ring institut teknologi terbaik di Indonesia ini dengan lontaran tiga angka mereka yang akurat. Alur pertandingan pun menjadi duplikasi skenario kuarter pertama. Kedigdayaan Unpar sempat tersendat karena diistirahatkannya Amadeus, Christopher, dan Samuel. Fadhil Rahadiansyah tidak setajam Christopher atau Samuel. Namun, ITB tak bisa memaksimalkan situasi tersebut dan masih mengalami masalah komunikasi dan pergerakan pemain. Jika bukan karena tembakan tiga angka Wahana Jedidiah pada detik terakhir, raihan cuma tiga poin ITB sepanjang kuarter terulang lagi. Skor 40-11.

Memasuki kuarter ketiga, anak asuh Coach Daniel Siswanto yang telah unggul dengan margin 29 poin ini tetap menampilkan permaian cepat. Pasing-pasing pedek dan penyelesaian akurat kembali ditunjukkan pasukan berjuluk Aligators ini. Skor 60-24 menutup laga di kuarter ketiga ini. Meski tertinggal dengan margin yang cukup jauh, di kuarter keempat ini para pemain ITB tetap memberikan perlawanan. Namun sayangnya, solidnya permainan tim Unpar dalam ,menerapkan strategi menyerang dan bertahan membuat tim ITHB harus mengakui kemenangan tim Unpar dengan catatan skor 73-37 dipengujung laga,

“Kami bermain dengan baik pada pertandingan kedua ini. Komunikasi dan strategi yang diterapkan Coach Daniel berjalan dengan lancer, hanya saja beberapa kesalahan passing masih terjadi pada laga ini,” ujar Christoper, pemain yang mencetak 16 poin pada laga ini.

Pada pertandingan ini, pemain Unpar, Amadeus Nugraha (30) tampil dominan dengan bermain selama 25 menit dan mampu mencatatkan 21 poin, empat rebounds dan enam assists.

Pertandingan Pul B LIMA Basketall Blibli.com West Java Conference selanjutnya, tim Unpar akan berhadapan dengan Universitas Islam Bandung (Unisba), Sabtu (23/1). Sementara ITB akan menghadapi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Senin (25/1). Kedua pertandingan tersbut akan kembali dihelat di GOR Trinitas, Bandung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s