TIM PUTRI UNHAS PASTIKAN TAMPIL DI FINAL LIMA BASKETBALL BCA SULAWESI CONFERENCE 2015

Tim putra Unhas berhasil melaju ke partai puncak usai tuntaskan perlawanan tim putri Universitas Sam Ratulangi dengan skor 42-29 pada laga terakhir fase pool LIMA Basketball BCA Sulawesi Conference 2015 yang dihelat di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan (31/10).

DSC02821

Sama-sama mengantongi dua kemenangan dan satu kekalahan, pemenang pada laga ini dipastikan akan melaju ke babak final menghadapi STIEM Bongaya. Kedua tim menatap laga ini dengan mental yang baik usai mengalahkan masing-masing lawan mereka di laga sebelumnya. Unhas menang atas UMI, 62-29, sedangkan Unsrat juga berhasil mengalahkan lawan yang sama dengan skor 50-25.

Coach Muhtar, pelatih tim putri Unhas, menurunkan Mufti (6), Zaenab (7), Shevvirra (8), Inceng (13), dan kapten tim Daniyah (65). Coach Rocky, pelatih tim putri Unsrat, memasang Cindy (5), Megawati (8), Christine (9), Yemima (11), Christina (14) sejak awal laga.

DSC02855

Jalannya laga pada kuarter pertama dikuasai oleh tim putri Unhas. Tim yang turun dengan mengenakan kostum hitam-merah ini berhasil unggul pada kuarter ini dengan skor 8-4.

Pada kuarter kedua, tim putri Unhas makin dominan. Berhasil mencetak 19 poin di kuarter ini, Daniyah cs. berhasil menjauhkan selisih skor dari tim putri Unsrat. Kuarter kedua ditutup dengan keunggulan tim putri Unhas lewat skor 27-7.

Tim putri Unsrat bangkit pada kuarter ketiga. Berambisi mengecilkan jarak poin atas sang lawan, dengan koordinasi permainan yang lebih rapi dibandingkan dua kuarter sebelumnya, tim putri Unsrat mampu mencetak 10 angka pada kuarter ini. Sayangnya, produktivitas tim belum dapat mendekati perolehan poin sang lawan yang menghasilkan sembilan poin sepanjang kuarter ketiga. Skor 36-17 tetap untuk keunggulan tim putri Unhas mengakhiri kuarter ini.

Pada kuarter pamungkas, Unsrat kembali menguasai jalannya laga. Sayangnya, raihan 12 poin pada kuarter ini belum mampu menyalip poin tim lawan. Alhasil, tim putri Unsrat harus memendam asa untuk tampil di final LIMA Basketball BCA Sulawesi Conference 2015 setelah laga mesti berakhir 42-29 untuk kemenangan tim putri Unhas.

Pelatih tim basket putri Unhas, Coach Muhtar, mengatakan bahwa jalannya pertandingan tadi cukup seru dan bersyukur timnya dapat melaju ke final melawan STIEM Bongaya.

“Ya, saya cukup senang dengan kemenangan ini. Dalam pertandingan tadi, saya menilai para pemain mampu bermain dengan baik, dan saya berharap di final nanti kami dapat bermain seperti ini lagi,” ujarnya.

“Setelah ini, saya akan instruksikan kepada para pemain untuk istirahat agar pertandingan final besok kondisi dari para pemain fit kembali,” tambahnya.

Sementara itu, kapten tim putri Unsrat, Pardede, mengatakan bahwa faktor fisik dari para pemainlah yang menjadi kendala dalam pertandingan ini.

“Saya rasa padatnya jadwal pertandingan membuat kami merasa keletihan, terlebih kami hanya membawa sembilan pemain. Namun, ini tidak membuat kami sangat menyesal karena kami masih ada kesempatan untuk memperebutkan peringkat ketiga melawan UNM,” ujar pemain bernomor punggung sembilan tersebut.

Hasil ini mengantarkan tim putri Unhas menantang STIEM Bongaya yang telah lebih dulu memastikan langkah ke final LIMA Basketball BCA Sulawesi Conference 2015. Tim putri Unsrat masih memiliki kesempatan meraih juara ketiga apabila mampu mengalahkan UNM. Laga final dan perebutan juara ketiga akan berlangsung esok hari (1/11) di GOR Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s