21 Universitas Siap Berlaga di Battle of Campus

Di tengah dahaga kompetisi basket di kalangan universitas dan perguruan tinggi yang kian jarang digelar, sebuah gebrakan dilakukan oleh #alLAboutCommunity yang menggelar kompetisi basket antar-universitas bertajuk #alLAboutCommunity Battle of Campus.

jumpa-pers-basket-kampus_20151023_223835

Bak oase di tengah minimnya kompetisi, kompetisi ini langsung mendapat respons luar biasa dari kalangan mahasiswa dan kampus. Terlebih ajang ini merupakan yang pertama yang menggelar kompetisi basket antar-mahasiswa se-Jawa Barat dan berlangsung di Bandung.

#alLAboutCommunity Battle of Campus digelar mulai 26 hingga 31 Oktober dengan menampilkan 21 klub kampus dari berbagai perguruan tinggi di Jabar.

Menurut Yuda Prama Jati, Ketua Penyelenggara, #alLAboutCommunity Battle of Campus merupakan bagian rangkaian kegiatan Campus Corner yang dilakukan pada 1 September hingga 6 Oktober.

Event ini juga sebagai ajang bagi para pebasket kampus di sejumlah universitas seperti Universitas Jenderal Ahmad Yani, Universitas Widyatama, Universitas Kristen Maranatha, Universitas Padjadjaran, Telkom University dan Institut Teknologi Nasional.

“Gerakan menjemput bola ini bisa dikatakan sebagai ajang pencarian bakat serta memberikan edukasi melalui coaching langsung di tempat yang bertujuan menambah minat dan antusias para pebasket di kalangan kampus,” kata Yuda, Jumat (23/10/2015) di Bandung.

Menggandeng Pengurus Daerah (Pengda) Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Jabar, ajang #alLAboutCommunity Battle of Campus mendapatkan respon sangat positif dari pihak kampus. Sebanyak 21 klub universitas terpilih menjadi peserta yang siap bersaing memerebutkan titel juara di ajang yang baru digelar tahun ini.

“Format pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 7 grup. Juara grup akan otomatis lolos ditambah runner-up terbaik, sehingga babak perdelapan final genap menjadi delapan tim yang langsung menggunakan sistem gugur,l kata Yuda.
Pihak Pengda Perbasi Jabar yang diwakili Anggia. Dari Bidang Perwasitan mengatakan bahwa Perbasi Jabar sangat merespons baik gelaran #alLAboutCommunity Battle of Campus.

“Kami mengakui kompetisi basket di kalangan mahasiswa masih jarang digelar di Jabar. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi adanya kompetisi #alLAboutCommunity Battle of Campus yang digelar 26-31 Oktober ini,” kata Anggia.

Sementara itu menurut Andre Febrianto yang mewakili pihak kampus, kompetisi #alLAboutCommunity Battle of Campus merupakan sebuah kesempatan langka dan sangat baik untuk dimanfaatkan bagi kalangan mahasiswa yang selama ini minim mengecap kompetisi basket.

Terlebih di dalam kompetisi #alLAboutCommunity Battle of Campus ada aturan yang membuat para pebasket pemula mahasiswa bisa menancapkan sinarnya menuju ajang profesional.

“Karena di kompetisi #alLAboutCommunity Battle of Campus ada aturan yang membatasi pemaih Libamanas (Liga BasketMahasiswa Nasional, liga profesional basket mahasiswa, RED) bermain. Pemain Libamas di satu kampus hanya boleh disertakan delapan pemain saja dan di lapangan hanya ada tiga pemain. Jadi selebihnya adalah pemain mahasiswa non profesional. Ini bagi kami sebuah kesempatan untuk bersinar dan dilirik klub profesional,” ujar Andre yang tercatat sebagaimahasiswa Universitas Kristen Maranatha.

Even ini juga bukan hanya menampilkan kompetisi basket saja namun juga menampilkan beberapa kompetisi lain berupa Modern Dance Competition, Photography Contest, Best Selfie Contest! Best Supporter, 3 on 3 Competition serta ekshibisi LA Streetball Challenge The Wolrd yang akan berlaga dengan Allstar #alLAboutCommunity Battle of Campus. (*)

Sumber foto dan berita: http://jabar.tribunnews.com/2015/10/23/anda-suka-basket-21-universitas-siap-berlaga-di-battle-of-campus?page=2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s