Tim Putra USU Melaju ke Semifinal LIMA Basketball Sumatra Conference

Tim basket putra Universitas Sumatra Utara (USU) berhasil melaju ke babak semifinal menemani Universitas Prima Indonesia (Unpri) dari pool A setelah berhasil mengalahkan UIN Sultan Syarif Kasim Riau (Suska) 59-52 LIMA Basketball Sumatra Conference yang berlangsung di GOR Bola Basket Angkasa, Medan (23/10).

USU-SUSKA-600x300

Sama-sama mengoleksi satu kemenangan, kedua tim berambisi memenangkan laga pamungkas untuk memastikan satu tempat di babak semifinal. Tim putra USU gagal mengalahkan Unpri di laga sebelumnya setelah kalah dengan skor 41-59. Namun, pada laga perdana, mereka mampu mengungguli tim putra Polmed 71-30.

Sedangkan UIN Suska tampil di laga ini berbekal kemenangan meyakinkan atas Polmed 83-40 di laga sebelumnya, meski sempat menelan kekalahan kala melakoni laga perdana menghadapi Unpri 18-57.

Aldrian (0), Daud (8), Johan (9), Raka (12), dan kapten Stefano (15) dipercaya Coach Andi, pelatih tim putra USU untuk turun di kuarter pertama, sedangkan Andri (2), Boby (6), Rahmat (24), Aziz (17) dan kapten tim Haris (11) mengisi startingfive UIN Suska.

UIN Suska langsung tampil agresif di dua kuarter awal. Pasukan Coach Albert berhasil menutup kuarter kedua dengan keunggulan 18-24.

Di dua kuarter tersisa tim putra USU tampil ngotot dan berhasil mengejar defisit poin. Hasilnya, Stefano cs. mampu menyamakan skor menjadi 26-26 di pertengahan kuarter tiga. Tim putri USU berhasil unggul di akhir kuarter ketiga dengan skor 42-35.

Menjelang akhir kuarter keempat, permainan kedua tim semakin terbuka. Saling kejar skor terjadi hingga di pertengahan kuarter selisih skor hanya tinggal dua bola tetap untuk keunggulan USU.

Usaha tim putra UIN Suska untuk mengejar perolehan skor akhirnya gagal saat buzzer tanda pertandingan berakhir berbunyi angka 59-52 tetap untuk keunggulan tim putra USU.

“Faktor mental terutama over confidence dari para pemain hampir saja membuat kami kalah dalam pertandingan penentu ini. Namun, setelah saya beri motivasi akhirnya para pemain mampu mengejar ketertinggalan dan menyelesaikan pertandingan dengan kemenangan,” ujar Coach Andi, pelatih tim basket USU.

Coach Andi juga menambahkan bahwa pada pertandingan semifinal nanti timnya akan siap menghadapi Eka Prasetya yang merupakan juara pool B.

“Ya, pada pertandingan semifinal yang dipastikan melawan Eka Prasetya, tim kami akan berusaha tampil semaksimal mungkin. Urusan hasil, itu belakangan yang penting kami fight dahulu,” tegasnya.

Hasil ini mengantarkan tim putra USU ke semifinal mendampingi Unpri yang telah lebih dulu memastikan lolos. Laga semifinal akan berlangsung pada esok hari (24/10), sedangkan laga final LIMA Basketball Sumatra Conference akan digelar pada Minggu (25/10) di GOR Bola Basket Angkasa, Medan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s