Yayan Gagalkan Ambisi Revans CLS Knights

HASIL mengejutkan terjadi pada hari ketiga Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2014-2015 Seri III Malang, Jumat (16/1). CLS Knights Surabaya dipaksa menelan kekalahan kedua mereka pada seri ini, setelah ditundukkan Hangtuah Sumsel IM dengan skor 79-69 di GOR Bimasakti.

Shooting guard Hangtuah Sumsel IM Andrie Ekayana (kanan) dijaga Mario Wuysang dari CLS Knights saat bertanding di GOR Bimasakti Malang, 16/01/14.
Shooting guard Hangtuah Sumsel IM Andrie Ekayana (kanan) dijaga Mario Wuysang dari CLS Knights saat bertanding di GOR Bimasakti Malang, 16/01/14.

Kekalahan menyakitkan ini merupakan kali kedua bagi CLS Knights sepanjang pertemuan dengan Hangtuah di GOR Bimasakti Malang dua musim ini. Musim lalu, CLS Knights takluk di tangan Hangtuah lewat pertarungan sengit via overtime (OT) dengan skor 61-64. Ini juga merupakan kekalahan kedua bagi CLS pada seri ini, setelah sebelumnya dipaksa kalah oleh M88 Aspac Jakarta.

Adalah Andrie Ekayana, yang ikut menggagalkan ambisi revans CLS Knights terhadap Hangtuah. Menghadapi mantan klubnya, pemain yang akrab disapa Yayan itu menjadi senjata andalan bagi Hangtuah.

Bermain 20 menit, total 15 poin dia sumbangkan dalam laga ini. Hebatnya, dia mencatatkan field goal sempurna alias 100 persen. Mendapat tiga kesempatan tembakan tiga angka, semuanya berhasil dijaringkan dengan mulus. Pemain asli Malang ini juga mencatatkan akurasi sempurna dari garis free throw (4/4).

Sejak kuarter pertama, CLS Knights memang tampil buruk. Mereka tertinggal 14-22 di kuarter ini. Meskipun smallforward Rahmad Febri Utomo menyumbangkan 6 poin di kuarter ini, namun itu tak membantu CLS Knights keluar dari tekanan.

Memasuki kuarter kedua, pelatih CLS Knights Kim Dong-won masih tampak cemas di kursi panasnya. Sebab hingga sisa waktu 3 menit 33 detik, Richardo Orlando Uneputty memperlebar jarak menjadi 12 poin (37-25) melalui 2-point jump shotnya. Penampilan apik juga ditunjukkan shooting guard sekaligus kapten tim Hangtuah Sumsel Mei Joni. Diamenyumbangkan 6 poin pada kuarter ini yang membuat keunggulan Hangtuah menjadi 41-29.

Di kuarter ketiga, Hangtuah semakin membenamkan lawannya. Lewat penampilan cemerlang Yayan. Pada kuarter ini saja dia mengemas 11 poin. Hangtuah menutup kuarter ini dengan keunggulan 65-50.

Mengawali kuarter keempat dengan tertinggal 12 poin, CLS Knights sempat mampu memperkecil defisit poinnyahingga 7 poin pada sisa 5 menit 29 detik. Namun, Hangtuah bisa melesat lagi hingga menutup laga dengan keunggulan 10 poin.

Empat pemain Hangtuah berhasil menyarangkan double digit poin di laga ini. Pemain berstatus rookie alias debutanSuhandy memimpin dengan kontribusi 16 poin. Disusul oleh Yayan dengan sumbangan 15 poin, Mei Joni (13 poin), serta Tri Wilopo (10 poin). Sementara dari kubu CLS Knights Surabaya, Sandy Febriansyakh paling produktif dengan 14 poin, diikuti Rachmad Febri Utomo dengan 13 poin dan Mario Wuysang dengan 12 poin.

”Ini kemenangan krusial bagi kami. Karena itu, sejak awal saya instruksikan ke pemain untuk tidak berpatokan pada satu atau dua orang untuk mendulang poin. Jadi hari ini perolehan poin lebih merata,” ungkap Tondi Raja Syailendra, head coachHangtuah. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s