Perang Bintang di Playoffs Air Mineral Prim-A Greater Jakarta

Perang Bintang di day 1 Playoffs Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference. Sebut saja Sandy yang membela Perbanas dan Rivaldo yang membela Universitas Pelita Harapan (UPH). Mereka 1 Team saat membela Indonesia di FIBA 3×3 Seri jakarta 2013.

menit pertama pertandingan antara UPH VS Perbanas
menit pertama pertandingan antara UPH VS Perbanas

Tim putra UPH, juara bertahan dan pemuncak klasemen, secara mengejutkan kalah dari Perbanas di pertandingan playoffs Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference LIMA Basketball Season 3 yang digelar di GOR Rawamangun, Sabtu (10/1). Dengan hasil ini Perbanas tampil di babak final besok. Sejak pertandingan dimulai penonton sudah disajikan permainan yang menarik. Kedua tim bergantian menyerang dan imbang di half time kuarter pertama 8-8. Namun, UPH berhasil memimpin di kuarter awal dengan keunggulan empat poin. 20-16 untuk UPH.

Pertahanan UPH di babak-babak awal yang cukup solid
Pertahanan UPH di babak-babak awal yang cukup solid

 

Tensi permainan di kuarter kedua semakin meningkat dan skor kembali imbang 24-24 namun UPH terus menekan pertahanan Perbanas dan banyak membendung tembakan dari shooter Perbanas. UPH berhasil menutup kuarter kedua dengan unggul tipis 33-31. Memasuki kuarter ketiga Perbanas mulai bangkit dan melakukan perubahan strategi dengan lebih sabar dalam menyerang dan memperkuat defense mereka. Seperti yang dijelaskan oleh pelatih Perbanas Bennedict Nicollo. “Melawan tim sekelas UPH yang memiliki materi pemain yang komplit kita harus lebih sabar. Saya terapkan ke pemain untuk membuat frustasi pemain UPH. Caranya dengan defense yang bagus dan solid,” ungkapnya.

Rivaldo salah satu pemain inti di UPH
Rivaldo salah satu pemain yang menjadi tumpuan team UPH

Titik balik kemenangan Perbanas dimulai ketika berhasil menyamakan kedudukan 39-39, momentum ini berhasil membuat grafik permainan Perbanas meningkat sementara UPH terus berada di bawah tekanan. Audy Bagastyo menjadi ujung tombak Perbanas dalam mendulang poin. Hari ini Audy yang menggunakan nomor punggung 11 sukses menyumbang 22 angka untuk timnya. Ketinggalan 41-46 UPH mulai menyusun kembali skema permainan dan perlahan menempel ketat perolehan skor Perbanas. UPH mengubah strategi permainannya dengan lebih banyak menyerang. Namun strategi tersebut justru menjadi bumerang, UPH harus kehilangan salah satu starting five-nya yaitu Jemmy Shindu Sinatra. Ia harus ditarik keluar karena menderita cedera ankle setelah jatuh akibat duel badan dengan pemain Perbanas. Kuarter ketiga UPH tertinggal 45-54 dari Perbanas. Hingga kuarter terakhir UPH tetap tidak mampu mengejar ketertinggalan poin dan kalah dengan angka 60-70. Walau begitu Kapten UPH Christian Gunawan menjadi top skorer dengan meraih 15 angka.

Rivaldo salah satu pemain yang menjadi tumpuan team Perbanas
Sandy salah satu pemain yang menjadi tumpuan team Perbanas

Di final playoffs Perbanas akan ditantang oleh UEU yang menang atas Universitas Darma Persada dengan angka 83-50. Pertandingan besok akan menjadi pertemuan kedua mereka di Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference LIMA Basketball Season 3. Di seri 1 UEU menang atas Perbanas dengan skor 73-59. Rainhard dari Unsada hari ini mencetak 14 pts sementara dari UEU Freddy Bachtiar mengemas 16 angka. Unsada akan memperebutkan juara ketiga melawan UPH. Dari tim putri di partai puncak UPH akan melawan UEU. Sementara Perbanas dan Untar akan memperebutkan satu tempat untuk bisa lolos ke LIMA Nationals.

Pemain perbanas melakukan dunk saat pemanasan
Pemain perbanas melakukan dunk saat pemanasan

Berikut hasil pertandingan playoffs Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference, Sabtu (10/1):
1.       Untar vs UEU (putri): 23-65
2.       UPH vs Perbanas (putri): 55-41
3.       UPH vs Perbanas (putra): 60-70
4.       Unsada vs UEU (putra): 50-83

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s