Kalahkan UGM, Tim Basket UNS Melaju ke Final LIMA Basketball Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference

Jawara Semarang Subconference, tim basket putri Universitas Sebelas Maret, Surakarta (UNS) berhasil mengalahkan tim Universitas Gadjah Mada (UGM )dengan skor akhir 54-42 pada laga playoffs LIMA Basketball Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference yang dihelat di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (5/12).

DSC08010

Pada laga ini, pelatih tim basket UGM, Coach Kartika, langsung menurunkan lima pemain pilarnya di awal laga. Claudia (13) menjadi kapten pada laga ini didampingi Svetiana (10), Yolanda (9), Nadya (4) dan Nazhira (1). Sementara starting five tim UNS dihuni oleh Citra (7), Andriani (8), Lophy (9), Annisa Wulansari (14) dan kapten Paulin (35).

Datang sebagai juara LIMA basketball Kaskus Semarang Subconference, tim basket UNS memulai pertandingan dengan tempo cepat. Pada kuarter ini, Paulin dan kawan-kawan mampu mengakhiri laga dengan keunggulan dua poin, 11-7.

DSC08070

Memasuki kuarter kedua, permainan cepat tim UNS kembali tersaji. Laga baru berjalan lima menit, tim UNS mampu menambah 10 poin dan akhirnya anak asuh Coach Yulius tersebut menutup laga di kuarter kedua ini dengan keunggulan 30-14.

Tertinggal 16 poin membuat Coach Kartika mengistruksikan para pemainnya untuk bermain menyerang. Hasilnya, pada kuarter ketiga ini tim UGM mengubah skor menjadi 51-24.

Memasuki kuarter terakhir, tim UGM kembali tak memberikan kesempatan tim UNS untuk menambah pundi-pundi poin. Penampilan apik tim UGM di kuarter terakhir ini membuat mereka berhasil mempersempit ketertinggal poin dengan mencetak 18 poin. Namun sayang, hingga buzzer akhir pertandingan berbunyi tim UGM masih belum mampu melampaui poin UNS dan harus menerima kemenangan tim UNS dengan skor 54-42.

Raihan kemenangan tim UNS atas UGM, memastikan tim asal Surakarta tersebut melaju ke fase LIMA Basketball Nasional berkat dua kuota yang disediakan LIMA Basketball Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference. Namun, untuk menentukan peringkat pertama, tim UNS harus kembali bertanding denga salah satu tim yang akan bertanding setelah ini, yakni Universitas Atma Jaya Yogayakrta (UAJY) yang berhadapan dengan Univesitas Diponegoro, Semarang (Undip).

Pemain UNS bernomor 35, Paulin Anata, berhasil tampil apik pada laga ini dengan mencetak 18 poin, 15 rebounds dan 4 assist.

“Meski kami menang, saya menilai para pemain tidak tampil maksimal pada pertandingan tadi. Kurang fokusnya para pemain, terutama di kuarter terakhir membuat kami hanya mencetak tiga poin,” ujar Coach Yullius, pelatih basket UNS.

Pada pertandingan final putri LIMA Basketball Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference, tim UNS akan berhadapan dengan salah satu pemenang dari laga UAJY dengan Undip. Pertandingan tersebut akan berlangsungi di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Minggu (6/12).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s