Tim Basket Putra UAJY dan UII Lolos Ke Babak Playoffs LIMA Basketball Kaskus CJYC

Tim Basket putra Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) keluar sebagai juaral LIMA Basketball Kaskus Central Java and Yogayakarta Conference –Yogyakarta Subconference usai taklukan tim tuan rumah, Universitas Islam Indonesia (UII) pada laga final yang dihelat di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta (3/12). Pada laga ini, tim UAJY keluar sebagai pemenang setelah taklukkan tim UII dengan skor akhir 86-46.

IMG_8054

Melakoni laga akhir, pealatih tim basket  UAJY, coah Yulianto Nurcahyo, kembali menurunkan Rico (8) yang bertindak sebagai kapten, Nuke Saputra (3), Edo Fahmida (7), Haryanto (9), dan Julius Wongso (13) untuk mengisi starting five. Sementara starting five tim UII dihuni oleh Agi (6) (c), Dean Dewanto (0), Alfino (7), Fariz (16) dan Winanta Eryuanda (32).

Tampil apik di babak penyisihan hingga melaju ke putaran final, kedua tim langsung mengawali laga dengan tempo tinggi usai jump balldilakukan. Namun, Laga baru berjalan 30 detik, kedua pemain UII, Alfino Firmansyah (7) dan Muhammad Iqbal (5) harus ditari keluar karena mengalami cedera yang cukup serius.

IMG_8143

UII yang harus kehilangan dua pemain pillarnya di awal kuarter pertama, kemudian dimanfaatkan tim UAJY untuk terus melakukan serangan. Hasilnya, tim UAJY mampu unggul di kuarter pertama dengan skor 30-9.

Memasuki kuarter kedua, sorak – sorai pendukung kedua tim membuat astmosfer pertandingan semakin panas. Tim UII yang tertinggal 21 poin mencoba mengejar ketertinggalan dengan melakukan strategi offensive. Namun sayang, solidnya pertahanan tim UAJY membuat tim UII kerap melakukan turnovers. Hingga akhirnya, Pada kuarter kedua ini, tim UII hanya mampu mencetak 12 poin, sementara tim UAJY mencetak 20 poin dan mengubah kedudukan menjadi 50-21.

Meski telah unggul jauh dari tim UII, Rico Putra dan kawan-kawan tak mengendurakn tempo permainan di kuarter ketiga ini. hasilnya tim UAJY kembali menambah pundi-pundi poinnya menjadi 72 poin dan menyudahi pertandingan dengan keunggulan 86-46.

Pada laga final ini, pemain UAJY yang juga menyabet pengahargaan MVP LIMA Basketball Kaskus Central Java and Yogyakarta Conference musim lalu, Nuke Saputra (3), tampil memukau dengan sumbangan 24 poin dan 3 rebounds.

Kemenangan yang diraih tim UAJY diakui coah Yulianto karena faktor disiplinnya para pemain dalam melakukan defense.

“Saya menilai kunci kemenangan kami pada laga final ini terletak dari segi defense. Anak-anak bermain dengan sabar, hingga akhirnya kami memenangankan pertandingan,” ujar coach Yulianto.

Sementar itu, kekalahan tim UII di laga final ditanggapi coach Pandu karena kurang baiknya penampilan para pemain di awal kuarter.

“Seperti yang sudah-sudah, kelemahan tim kami pasti selalu telat panas, apalagi ditambah dua pemain kami yang mengalami cedera di awal kuarter. Saya rasa faktor tersebut yang membuat kami harus menelan kekalahan pada pertandingan ini. Setelah ini saya akan mengevaluasi tim agar dipertandingan playaoff melawan Udinus kami mampu meraih hasil yang maksimal,” ujar coach Pandu.

Pada pertandingan kategori putra playoffs LIMA Basketball kaskus Centrala Java and Yogyakarta Conference, tim UAJY akan bertemu dengan tim Unnes, yang merupakan runner-up regional jawa tenagah. Sementara tim UII akan menghadapi Udinus. Kedua pertadingan tersebut akan kembai dihelat di GOR Ki Bagoes Hadikoesoemo, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, Sabtu (5/12).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s