Loop 3X3 Competition National Championship Dimulai 8-11 Oktober di Gandaria City Jakarta

Fase puncak Loop 3X3 Competition National Championship segera dimulai. Sebanyak 32 tim putra dan 32 tim putri akan adu hebat pada kompetisi basket 3X3 SMA terbesar di dunia ini. Bertempat di Gandaria City Jakarta, mereka akan bertanding mulai Kamis (8/10) besok, hingga Minggu (11/10) mendatang. Memperebutkan gelar juara nasional, sekaligus mengincar hadiah utama, yakni terbang ke Amerika Serikat.

LOGO 3X3 NATIONAL CHAMPIONSHIP
Mereka yang berhak tampil pada fase nasional ini adalah tim-tim terbaik dan sudah terseleksi melalui proses pertandingan superketat di 47 kota. Dari Sabang sampai Merauke. Terhitung total 12.053 peserta dari 3.295 tim berpartisipasi di ajang yang menjadi bagian penting dari liga basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda Developmental Basketball League (DBL) 2015 ini.
Dari jumlah total peserta dan tim yang berkompetisi, maupun kota penyelenggaraan sepanjang gelaran 2015 ini, Loop 3X3 Competition membuktikan semakin membesar. Tahun lalu, saat kali pertama digelar, Loop 3X3 Competition langsung mencatatkan sejarah.

Digelar ’hanya’ di 41 kota, event tersebut berhasil menyedot 10.285 peserta dari 2.729 tim. Museum Rekor Indonesia (MURI) kala itu menganugerahi PT DBL Indonesia dan PT Telkomsel sebagai penyelenggara event basket 3X3 dengan jumlah peserta terbanyak di Indonesia.

Poster

Apresiasi MURI tersebut sekaligus melengkapi pujian FIBA terhadap Loop 3×3 Competition sebagai ajang kompetisi basket 3X3 terbesar di dunia.
”Dengan dukungan Telkomsel, kami berupaya agar kompetisi ini (Loop 3X3 Competition) semakin membesar,” ungkap Donny Rahardian, general manager PT Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia, selaku pemrakarsa kompetisi ini.
Loop 3X3 Competition, lanjut Donny, digelar dengan tujuan agar semakin banyak potensi pebasket pelajar di tanah air yang bisa diorbitkan. ”Melalui Loop 3X3 Competition ini, kami bisa menjangkau sekolah-sekolah yang memiliki potensi pemain basket hebat, tetapi tidak bisa memenuhi syarat sebuah tim basket reguler (lima pemain).

Pengalaman tahun lalu, ada pemain dari salah satu sekolah di Wonosobo yang ter-ekspose setelah tampil menonjol melalui kompetisi ini (Loop 3X3 Competition). Pemain potensial itu akhirnya sempat ditawari try out bersama salah satu tim basket profesional tanah air,” sambung Donny.
Berbeda dengan format permainan basket reguler di Honda DBL yang menggunakan satu lapangan berukuran 28 x 15 meter, Loop 3X3 Competition hanya menggunakan setengahnya. Hanya tiga orang yang bermain di lapangan. Plus satu orang cadangan. Waktu pertandingan pun berlangsung lebih singkat, hanya sepuluh menit.
Primadi K Putra, Vice President Corporate And Community PT Telkomsel mengatakan bahwa kompetisi Loop 3X3 ini diyakini merupakan salah satu cara efektif untuk menebarkan semangat kepada para generasi muda agar terus menggali potensi dan mencetak prestasi dalam berbagai bidang, khususnya di bidang olahraga.
“Sejak awal Loop kami dedikasikan untuk para generasi muda Indonesia. Dan sebagai operator seluler Paling Indonesia, Telkomsel melalui Loop akan senantiasa memberikan wadah untuk pengembangan potensi mereka,” ujarnya.
Berkat dukungan Telkomsel, laga-laga seru Loop 3X3 Competition National Championship tahun 2015 ini dapat dinikmati secara gratis melalui layanan live streaming. Tayangan tak berbayar itu dapat diakses langsung diwww.loop.co.id/channel. Total 75 games akan ditayangkan langsung selama empat hari pelaksanaan, mulai 8 hingga 11 Oktober. Jumlah tayangan langsung yang disajikan tahun ini jauh meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya menyiarkan langsung 25 games.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s