Kalahkan Udinus, Putra UAJY Melaju ke Babak Semi Final

Tim basket putra Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) lolos ke babak semi final usai kalahkan tim Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) dengan skor 86-61 pada laga delapan besar LIMA Basketball Nationals yang dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, (18/02/2016).
DSC00473
Pada laga ini, pelatih UAJY, Coach Yulianto, kembali mempercayai Nuke Saputra (3), kapten Rico (8), Haryanto (9), Hans (11) dan Julius (13). Sementa itu, lim pemain pilar Udinus diperkuat oleh Raymond (7), Indra (9), kapten Yunico (12), Alfon (14) dan Vandy (17).
Sama-sama berambisi meraih kemenangan untuk melaju ke babak semi final. Kedua tim langsung tampilkan tempo permainan cepat sejak awal laga. UAJY yang turun pada laga ini dengan mengenakan kostum biru-biru, mampu membuka keunggulan lewat lesatan Haryanto dengan memaksimalkan dua kali peluang dua angka. 19 poin UAJY di kuarter ni, juga hasil kontribusi Nuke, Edo, Hans dan Julius. Sementara itu, Udinus yang terlihat kesulitan melewati pertahanan UAJY hanya mampu mencetak delapan poin melalui Raymond, Ilham dan Alfon. UAJY unggul 19-8 di kuarter awal ini.
Memasuki kuarter kedua, para pemain Udinus yang dipimpin Raymond. Terlihat terus berusaha mengejar ketertinggalan poin dengan memaksimalkan peluang demi peluang yang mereka dapatakan. Namun, enam kesalahan yang dilakukan para pemain Udinus di kuarter kedua ini mampu dimanfaatkan Rico dkk. untuk terus medulang poin mereka. Hasilnya, UAJY mampu menghasilkan 21 poin sementara Udinus 17 poin. Tambahan 21 poin UAJY sekaligus memperlebar jarak keunggulan poin mereka menjadi 40-25.
Meski telah unggul dengan margin yang cukup jauh tak membuat Coach Yulianto puas. Di kuarter ketiga ini, pelatih yang kerap mengenakan polo shirt tersebut terlihat terus memainkan Nuke Saputra yang merupakan pointers bagi UAJY. Alhasil, Nuke tampil menggila di kuarter ini dengan mencetak 16 poin. UAJY pun sukses menutup kuarter ini dengan keunggulan 72-47.
Di kuarter keempat permainan UAJY terlihat mulai menurunkan tempo. Hampir di sepanjang kuarter ini, Coach Yulianto memberikan kesempatan pemain keduanya untuk turun di laga ini. Keadaan tersebut mampu dimanfaatkan anak asuh Coach Julius untuk terus menekan. Namun, hingga buzzer tanda akhir pertandingan berbunyi usaha Raymond dkk. belum mampu mengejar ketertinggalan poin UAJY yang mampu menyudahi laga ini dengan kemenangan 86-61.
Pada laga ini, pemain UAJY, Haryanto Wijaya mampu catatakan efektifitas tertinggi lewat lesatan 17 poin dan delapan rebound. Sementara itu, pemain Udinus, Yulianto juga tampil apik dengan menghasilkan 19 poin dan delapan rebound.
“Kami memang menang di pertandingan ini, tapi menurut saya segi defense kami masih tidak berjalan dengan baik. Beberapa kali mereka bisa masuk ke dalam dan menciptkan poin,” ujar Haryanto Wijaya.
“Saya rasa siapa pun lawannya nanti kami sudah siap dan akan tampil semaksimal mungkin,” tambahnya.
Hasil kemenangan ini, membuat tim asal Yogyakarta tersebut melaju ke babak semi final LIMA Basketball Nationals. Pada laga semi final nanti UAJY akan berhadapan dengan pemenang antara Univeristas Pelita Harapan (UPH) kontra Universitas Airlangga (UA) yang berlaga pada mala mini. Pertandingan semi final LIMA Basketball Nationals akan kembali dihelat di GOR C-Tra Arena, Bandung, Sabtu (20/02/2016).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s