Andi “Awwe” Wijaya: Pamor menurun, Basket menjadi olahraga komunitas

Sosok yang satu ini adalah stand up comedian yang ngga asing lagi di Indonesia, ngobrolbasket juga ngefans dengan sosok ini. Sosok yang sejak SD sudah bermain basket ini juga masih rutin bermain di komunitas Monday stweetball. Sosok itu adalah Andi “Awwe” Wijaya. Simak Wawancara serunya disini
maxresdefault
Kamu mulai suka basket sejak kapan sih?
Sejak SD, lupa kelas berapanya, malahan gw baru suka bola pas akhir SMP, jadi suka basket duluan. Sejak SD entah kenapa ngerasa basket itu keren banget, mungkin karena slamdunk-nya, gaya pemainnya dan outfitnya (sepatu, jersey dan equip pendukung lain). Paling ngerasa gila basket waktu SMP awal, sampe ngoleksi kartu basket (Upper Deck, Tops), punya kartu basket Bulls angkatan itu hampir lengkap (Jordan, Pippen, Longley, Rodman, Kukoc, Harper, Kerr) dan akhirnya hilang dijual alm. abang gw buat dia pakaw hahaha..
Siapa yang mengenalkan basket sama kamu?
Abang gw, dia dari SMP udah ikut klub di Bekasi, Fortius namanya, dia yang ngenalin dan ngajarin gw dasar-dasarnya. Gara-gara dia di garasi rumah gw dulu ada ring basket, pernah dia ngajak tetangga2 buat maksa pak RT bikin ring basket di komplek, akhirnya berhasil. Tapi diakhir2 dia juga yg bilang gw gak bakat main basket terus disuruh main bola aja. Setelah skrg ternyata dia bener gw gak bakat hahaha..
Awwe (Duduk-kiri) bermain basket bersama komunitas monday stweetball
Awwe (Duduk-kiri) bermain basket bersama komunitas monday stweetball
Apa alasan kamu kok masih bermain basket sampai sekarang?
Ya menyenangkan aja, seru,bingung juga ngejelasinnya gimana, yang jelas kalo disuruh milih bola atau basket gw gak bakal bisa milih, karena dua-duanya punya keasikan dan keseruan sendiri.
Apa profesimu sekarang? dan main di club atau main dengan komunitas apa skr?
Profesi gw sekarang stand-up comedian, mc, penulis script, dan tim kreatif di sebuah tv. Kalo main basket paling sering sekarang sama Stweetball, di rumah paling suka nyewa lapangan untuk shoot-shoot an aja iseng, atau main 2 lawan 2, orangnya kurang soalnya hehe..
Aksi Awwe (kiri) saat dilapangan
Aksi Awwe (kiri) saat dilapangan
Harapan kamu untuk basket indonesia apa?
Lebih baik lagi pastinya, terutama soal pamornya didalam negeri. Gw ngerasa sekarang pamor basket di dalam negeri menurun dibanding jaman gw kecil, kalah sama futsal. Gak ada lagi tayangan basket lokal di tv, NBA pun gak ada yang nanyangin, bahkan banyak toko olahraga yang gak jual sepatu basket, sedih :(. Olahraga ini jadi kaya olahraga komunitas, cuma diruang lingkup yang suka-suka aja. Gimana mau maju kalo pamornya aja turun begini, susah nyari bibit-bibit baru. IMHO ya, maaf kalo sotoy hehe..
Aksi Awwe (tengah) saat bermain dengan komunitas monday Stweetball
Aksi Awwe (tengah) saat bermain dengan komunitas monday Stweetball
Apa pesan yang ingin kamu sampaikan buat anak-anak Indonesia yang ingin bermain basket?
Latihan yang rajin, bikin prestasi dari mulai di sekolah. Anak basket adalah anak yang paling gampang tebar pesona waktu jaman sekolah. Nembak point mulu niscaya cewek-cewek pun luluh bwehehe..
3 kata untuk ngobrolbasket.com
Shoot, Lay Up, Dunk :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s