Adhi Pratama MVP Musim Terakhir NBL Indonesia

Ada hal lain yang paling ditunggu selain tim mana yang akan menjadi jawara IndiHome National Basketball League (NBL) Indonesia Championship Series 2015. Yaitu siapa peraih Honda Most Valuable Player (MVP). Kali ini, gelar pemain terbaik atau pemain bernilai tinggi karena kontribusinya yang signifikan di setiap pertandingan adalah center Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta, Adhi Pratama Prasetyo Putra.

Dari kiri, Dwi Pratomo Juniarto (GM Witel Jakarta Barat PT Telkom Indonesia), Adhi Pratama Prasetyo Putra (Center Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta), Wendy Miharja (General Manager PT Istana Mobil Surabaya), Azrul Ananda (Commissioner NBL Indonesia) saat penyerahan gelar Honda Most Valuable Player (MVP) IndiHome NBL Indonesia 2014-2015 di Hall Basket Senayan, (1/5/2015)
Dari kiri, Dwi Pratomo Juniarto (GM Witel Jakarta Barat PT Telkom Indonesia), Adhi Pratama Prasetyo Putra (Center Pelita Jaya Energi Mega Persada Jakarta), Wendy Miharja (General Manager PT Istana Mobil Surabaya), Azrul Ananda (Commissioner NBL Indonesia) saat penyerahan gelar Honda Most Valuable Player (MVP) IndiHome NBL Indonesia 2014-2015 di Hall Basket Senayan, (1/5/2015)

Musim ini penampilan pemain kelahiran Jakarta, 31 Maret 1993 tersebut cukup moncer. Dari total 10 seri di regular season, Adhi Pratama masuk peringkat MVP Race di empat seri. Yakni, di Seri I Jakarta, Seri II Bandung, Seri IV Surabaya, serta yang terakhir di Seri X Surabaya. Adhi Pratama juga mengemas 9 kali double-double musim ini, dari 13 kali catatan sepanjang karir di NBL Indonesia.

Liga basket profesional kasta tertinggi tanah air itu, memiliki sistem penilaian MVP yang unik. Catatan statistik sepanjang musim reguler setiap individu menjadi patokan. Ditambah dengan voting para pelatih di tiap akhir pertandingan. Akumulasi statistik dan pilihan pelatih itulah yang membuat persaingan perebutan gelar prestisius itu semakin dinamis.

Adhi sebenarnya pemain spesial di NBL Indonesia. Sebelum terjun ke bakset, dia menggeluti olahraga atletik. Keberuntungan menyapa Adhi pada pertengahan 2009. Saat itu salah satu ofisial Muba Hangtuah IM Sumsel (kini Hangtuah Sumsel IM) yang menawarinya untuk berlatih basket. Tanpa pikir panjang tawaran tersebut diterima Adhi. Setahun di tim junior, dia langsung promosi ke tim senior. Hebatnya, meski masih muda, Adhi yang berposisi sebagai center mendapatkan banyak kepercayaan dari Nathaniel Canson, pelatih Muba kala itu. Adhi baru menjalani debut di level profesional pada NBL Indonesia 2010–2011.

Ternyata potensi besar Adhi Pratama berbuah manis di musim kelima NBL Indonesia. Bergabung bersama Ponsianus ‘Komink’ Nyoman Indrawan dkk, Adhi Pratama bisa meraih gelar MVP musim ini. Selain itu, dirinya menjadi salah satu pemain kunci coach Antonius Ferry Rinaldo agar bisa mengantarkan Pelita Jaya mencapai target juara di musim ini. Atas prestasinya ini Adhi Pratama berhak mendapatkan satu unit Honda Mobilio persembahan spesial Honda Prospect Motor.

“Bangga bisa jadi MVP musim ini. Namun semua juga berkat tim, karena di Pelita Jaya banyak pemain bagus yang akhirnya bisa membantu saya mendapatkan prestasi ini. Selain itu, ini bisa melecut semangat untuk mengejar gelar juara,” ujar Adhi Pratama seusai menerima penghargaan sebagai MVP pada press conference di Hall Basket Senayan Jakarta, Jumat (1/5).

Sebelum Adhi Pratama, gelar bergengsi itu pernah diraih oleh I Made ‘Lolik’ Sudiadnyana dari Garuda Bandung di musim 2010-2011. Lalu, disusul Yanuar Dwi Priasmoro (Bimasakti Malang) pada musim 2011-2012, Pringgo Regowo (Aspac Jakarta) musim 2012-2013, dan tahun 2013-2014 gelar ini di sabet oleh pemain Pelita Jaya, Ponsianus ‘Komink’ Nyoman Indrawan.

Congratuliation Adhi Pratama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s