Hangtuah Tutup Seri Bandung dengan Manis

HANGTUAH Sumatera Selatan Indonesia Muda (IM) menutup penampilannya di IndiHome National Basketball League (NBL) Indonesia 2014-2015 Seri IX Bandung dengan manis. Pada penampilan terakhirnya, Richardo Orlando Uneputty dkk mampu mengatasi perlawanan Satya Wacana ACA LBC Salatiga dengan skor 74-69, di C-Tra Arena, Sabtu (28/3).

Airlangga Sabara dari hangtuah sumsel im  dijaga oleh Luthfianes Gunawan dari  satya wacana aca lbc salatiga   dari dalam NBL Seri IX Bandung, di gor C-Tra arena, Bandung (28/03/2015) foto:Wahyudin/jawapos
Airlangga Sabara dari hangtuah sumsel im dijaga oleh Luthfianes Gunawan dari satya wacana aca lbc salatiga
dari dalam NBL Seri IX Bandung, di gor C-Tra arena, Bandung (28/03/2015) foto:Wahyudin/jawapos

Dari tiga kali bertanding di seri ini, tim polesan Tondi Raja Syailendra itu memetik dua kali kemenangan. Sebelum memenangkan pertandingan melawan Satya Wacana, mereka terlebih dahulu menundukkan JNE BSC Bandung Utama 72-52. Lalu, Hangtuah menelan kekalahan 66-78 dari Stadium Jakarta.

Menyusul hasil ini, Hangtuah naik ke posisi kelima klasemen sementara dengan raihan 44 poin. Namun, posisi mereka belum aman lantaran JNE BSC Bandung Utama yang kini berada dibawahnya dengan koleksi 42 poin, masih menyisakan dua pertandingan di seri ini.

Sejak kuarter pertama, kedua tim bertarung sengit. Namun di sisa 20 detik, Mei Joni mampu memastikan keunggulan sementara Hangtuah atas Satya Wacana melalui 2-point jump shot. Hangtuah memimpin dengan jarak 4 poin (17-13) saat kuarter pertama ditutup. Suhandy menyumbang 5 poin di kuarter ini.

Memasuki kuarter kedua, tensi pertandingan semakin memanas. Meskipun 16 poin bisa ditambahkan Satya Wacana, namun Hangtuah masih perkasa karena berhasil mencetak 19 poin. Satya Wacana tertinggal 7 poin (29-36) saat buzzer kuarter kedua berbunyi.

Selepas istirahat, 3-point jump shot Budi Sucipto dan Respati Ragil Pamungkas di awal kuarter membuat Satya Wacana mengejar 35-38. Namun, pada akhirnya keunggulan tetap menjadi milik Hangtuah. Di sisa 13 detik, dua kali free throw Respati Ragil Pamungkas hanya menipiskan kedudukan saja. Hangtuah tetap memimpin di kuarter ketiga ini dengan skor 51-47.

Pertandingan semakin menarik di kuarter pemungkas. Yo Sua mencetak 3-point jump shot di awal kuarter yang membuat skor berubah 50-51. Suasana semakin tegang saat Yo Sua di sisa 41 detik membuat skor berubah 69-70 lewat 3-point jump shot. Namun, akhirnya free throw dari Andrie Ekayana memastikan Hangtuah menang 74-69.

Airlangga Sabara memimpin perolehan poin rekan-rekannya dengan mencetak 16 poin dan 8 rebound. Diikuti Andrie Ekayana yang mengemas 12 poin, serta Toni Sugiharto (10 poin).

Duet shooting guard Satya Wacana tampil menawan, yakni Respati Ragil Pamungkas dengan sumbangan 25 poin, dan Yo Sua yang mengemas 18 poin. Namun, penampilan mereka tak mampu menyelamatkan Satya Wacana dari kekalahan.

Menyusul kekalahan ini, Satya Wacana harus bekerja esktra keras pada laga-laga sisa musim reguler. Saat ini tim polesan Efri Meldi itu menempati posisi kedelapan dengan koleksi 39 poin dari 30 pertandingan (9-21). Namun, posisi terakhir zona lolos playoff itu belum benar-benar aman. Pasalnya, Stadium Jakarta menguntit di belakang mereka dengan selisih hanya 1 poin (38). Padahal, Stadium baru menjalani 27 laga, atau tiga laga.

”Kami masih bermasalah dengan rebound, banyak kecolongan dari offensive rebound lawan. Anak-anak juga sering labil mentalnya, ketika terkejar bingung menetukan langkah,” evaluasi Efri Meldi. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s