Manfaat Permainan Basket bagi Anak

Siapa yang tidak kenal permainan basket? Di sekolah, di tanah lapang dekat rumah, dan tentunya di televisi, kita sering melihat permainan basket. Tak heran jika para orang tua dan anak-anak menggemarinya. Basket memang jenis olahraga yang sangat menyenangkan. Jika si kecil memiliki ketertarikan terhadap permainan basket, sebaiknya Anda mendukungnya sepenuh hati karena olahraga ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Sumber gambar: http://bbmall.com/mainan-anak-little-tikes-totsport-basket-ball-11585.html
Sumber gambar: http://bbmall.com/mainan-anak-little-tikes-totsport-basket-ball-11585.html

Basket Untuk Kesehatan Fisik:

Keuntungan nomor satu dari bermain basket adalah anak-anak dapat meningkatkan kesehatan fisik mereka. Olahraga basket sangat bermanfaat bagi kesehatan anak karena banyak melibatkan aktivitas berlari dan melompat sehingga anak dapat mengembangkan kekuatan fisik, kecepatan dan bahkan kesehatan jantung. Selain itu, bermain basket akan membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak.     

Baket mengajarkan Anak Bersosialisasi:

Permainan basket adalah permainan tim dan bukan permainan individu. Dasar dari bermain basket adalah mengoper bola. “Kita tidak bisa mengoper bola pada diri sendiri, kita harus memberikannya pada rekan satu tim,” ujar Stephen L. Metcalfe, yang akrab disapa Met, pendiri Karawaci Youth League Sports di Karawaci, Tangerang. “Ide keseluruhan dari permainan basket adalah bekerja sama untuk mencapai satu tujuan,” lanjut Met. Dengan bekerja sama dalam satu tim, anak-anak dapat membentuk rasa hormat pada rekan sepermainannya dan mengembangkan kemampuan bersosialisasi mereka.

Pebasket termuda
Sumber gambar: http://andikawisnuwidodo.blogspot.com/

 

Basket untuk Perkembangan Mental:

Bermain basket dapat meningkatkan rasa percaya diri anak. Saat anak berhasil memasukkan bola ke dalam keranjang, akan timbul kebanggaan dalam diri anak yang kemudian membuatnya lebih percaya diri. Selain itu, permainan basket juga akan meningkatkan kemampuan otak pada anak saat mereka berusaha memahami strategi permainan basket seperti offence (menyerang) dan defence(bertahan).

sumber berita: http://www.voaindonesia.com/content/bola-basket-lebih-dari-sekedar-permainan-bagi-perempuan-saudi/2502907.html
sumber berita: http://www.voaindonesia.com/content/bola-basket-lebih-dari-sekedar-permainan-bagi-perempuan-saudi/2502907.html

Basket untuk Bersenang-senang:

Dimanapun mereka berada, anak-anak tetaplah anak kecil. Mereka melakukan berbagai hal dengan kesenangan dan kegembiraan. Bermain bersama, mengembangkan strategi permainan dan membentuk ikatan antar teman sebaya pastinya akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bagi si kecil.

 

Sumber berita: http://parentsindonesia.com/article.php?type=article&cat=fun&id=135

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s