Yulinda Jojo: Untuk terjun ke pro itu kompleks, ngga cuma latihan rutin.

Mewawancara perempuan yang satu ini tidak gampang, kesibukannya bermain di turnamen basket no 1 di Indonesia membuat dia sangat sulit untuk dihubungi, saya beruntung dapat mewawancara dia, Wanita hebat ini adalah Yulinda Jojo. Pemain WNBL dari Tomang Sakti. Simak wawancaranya dibawah ini.

JKT17-MPP-SRT-eca7

Kamu mulai suka basket sejak kapan sih? dan siapa yang mengenalkan basket sama kamu?

Pertama kenal basket itu waktu SMP. Kelas olahraga pertama kali diajarin drible, sampai guru tanya kamu ikut klub ya? Aku jawab ngga aku ga pernah main basket sebelumya. Setelah itu aku pergi ke pasar beli ring basket plastik yg ada bola ukuran kecil seharga 30rb an kalo ga salah dari uang jajan yg aku kumpulin trus aku pasang sendiri di pintu kamar mandi hahaa. Setelah kelas 2 SMP baru ikut latihan di klub lokal dengan keadaan lapangan, bola dan pelatih yang ala kadarnya. Sempat kepikiran untuk pindah ke bulutangkis tapi kakak ipar kasih masukan untuk tetap di basket.
Sampe akhirnya ikut kejuaraan daerah di Jambi dan pada Tahun 2002/2003 ikut PRAPON Jambi di Lampung. Ceritanya Jambi pake pemain dari JATIM salah satunya Ivonne anaknya Koh Sin Kim Lai. Setelah PraPON itu aku ditawari untuk “hijrah” ke Blitar. Keluarga pasti nentang, tp aku ngotot kepengen ke sana. Sampai Akhirnya aku latihan di Pelangi Blitar selama 1 tahun saja karena aku pindah kelas 2 SMA. Setelah lulus dr SMAN 1 Blitar aku lanjut ke UNS dan pastinya lanjut basket di Bhinneka Solo. Dengan gaji 300.000 perbulan aku bertahan basket sambil kuliah tahun 2005-2008. Sampai akhirnya ngerasain titik jenuh di basket akhir tahun 2008 karena gagal di PON Kaltim. Secara JATENG yg digadang-gadangkan bakal merain emas sirna. Salah satu penyebabnya aku ga bisa main banyak karena cidera engkel di game pertama. Dan banyak faktor eksternal lain. Setelah berhenti basket, aku harus kuliah sambil kerja karena harus bayar semuanya sendiri. Aku bukan dari keluarga orang yang mampu, selama 6 bulan kuliah sambil kerja sebagai server di Coffee Shop lokal di Solo. Sempet kepikiran untuk berhenti kuliah juga. Akhirnya terdengar berita kalau Bhinneka mau dijual ke Sritex. Sang owner Bhinneka menawarkan untuk kembali ke basket sebelum pergantian Owner. Akhirnya aku memutuskan balik lagi, karena salah satu faktor ngerasa sudah kepepet dengan duit yang pas-pas an.
Saya gabung di Timnas tahun 2007 dan 2011. Tahun 2011 adalah puncak dari drama karir saya. Karena tidak ada liga untuk wanita. Pelatih saya menilai prestasi saya menurun, dan sudah dianggap sebelah mata. Sampai-sampai saya sakit dan harus operasi usus buntu saya harus meminta bantuan orang tua angkat saya di solo. Karena klub cuma mau membayar 15% dari total. Aku sengaja tidak mau cerita sama orang tua karena yakin kalo klub bakal menanggung semua. Setelah aku selesai Sea Games 2011, langsung memutuskan untuk berhenti basket karena sangat kecewa. Pulang  ke jambi awal 2012 saya kerja di PertroChina Jambi. Saat itu season WNBL baru digulir. Iri, ngerasa pengen basket lagi. Akhirnya aku memutuskan untuk berhenti dan mulai untuk latihan lagi.
tomang-sritexNBL-flashnews
Apa alasan kamu kok masih bermain basket sampai sekarang?
Aku dihubungi oleh klub lama Sritex untuk kembali bermain basket. Tidak langsung mengiyakan aku menceritakan unek-unek yang dulu soal perlakuan klub ke aku. Akhirnya Owner Klub meminta maaf dan menyelesaikan semuanya. Aku sudah berniat untuk langsung ke TomangSakti karena status aku adalah Free saat itu. Teman-teman di Sritex meminta untuk kembali bergabung dan mereka bilang akan tetap bermain asalkan aku mau bergabung. Akhirnya memutuakan kembali ke Sritex.
JKT17-MPP-SRT-eca5
Apa profesimu sekarang? dan main di club apa skr?
Profesi sekarang jelas pemain basket Profesional, club sekarang Tomangsakti.
Tetapi sekarang fokus ke pemulihan pasca operasi tulang rawan yang banyak juga dramanya. Tapi aku salut dengan management TS. Top abis buat apa yang sudah mereka kasih ke aku. Selain itu aku juga punya online shop @yulindajojo. Ada asesoris hp, sepatu basket, jersey dll. Kepengen kursus jahit juga sih.
B30cSeYCEAEtlN9
Harapan kamu untuk basket indonesia apa?
Untuk basket indonesia, WNBL smoga tetap ada terus. Untuk timnas, lebih perhatiin atletnya. Dan pilih tim pendukung yang profesional.
Apa pesan yang ingin kamu sampaikan buat anak-anak Indonesia yang ingin bermain basket?
Untuk terjun ke pro itu kompleks, ngga cuma latihan rutin. Harus ngerti gimana mencegah cidera dan harus paham latihan yang benar seperti apa.
proxy
3 kata untuk ngobrolbasket
Ga cuma mainbasket. Hahaaa
Sumber gambar: WNBLindonesia.com dan twitter @yulindajojo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s